Skip to main content

Pengkabelan

MAKALAH
JARINGAN DASAR
PENGKABELAN JARINGAN KOMPUTER

      Disusun oleh:    
·    muh tamsir

Kata Pengantar
Segala puji dan syukur mari kita panjatkan kepada Allah Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan nikmatnya kami dapat menyelesaikan makalah ini.
 Shalawat beserta salam mari kita curahkan kepada nabi besar kita Nabi Muhammad SAW yang semoga sampai kepada para keluargnya, sahabatnya dan juga kita sebagai para umatnya. Beliau juga telah membawa kita dari zaman kegelapan hingga zaman terang benderang seperti saat ini, dan semoga kita semua bisa menjadi hamba yang baik dihadapan ALLAH SWT.
Daftar isi
1. Kata Pengantar.........................................................ii
2. Daftar isi..................................................................iii
3. Pengertian Pengkabelan...........................................1
4. Jenis Kabel Jaringan..................................................2
        A. Kabel coaxial.....................................................3
        B. Fiber Optik........................................................8
        C. Kabel UTP..........................................................9
5. Pengertian Kabel Straight dan Cross............................10
6. Perbedaan Kabel Straight dan Kabel Cross.................11
A. Pengkabelan
Apa itu jaringan kabel ?
kabel jaringan komputer adalah salah satu perangkat keras komputer berupa kabel yang dirancang khusus dengan kriteria tertentu, serta memiliki peran penting karena bertugas sebagai penghubung dengan karakteristik yang dikategorikan sebagai media transmisi terarah (guieded/wireline) dalam suatu jaringan komputer.
Adapun maksud dari sebutan ‘media transmisi terarah (guieded/wireline)’ disini yaitu sebuah kondisi dimana gelombang elektromagnetik yang digunakan dipandu sepanjang fisik, yang diwujudkan dengan menggunakan kabel.

B. Jenis Kabel Jaringan

1. Kabel coaxial

ini merupakan kabel jaringan komputer yang memiliki tampilan fisik terdiri dari kawat tembaga sebagai inti, yang dilapisi oleh isolator dalam lalu dikelilingi oleh konduktor luar. Kemudian pembungkusnya menggunakan bahan semacam PVC sebagai lapisan isolator paling luar.
Kabel Coaxial umumnya digunakan sebagai kabel jaringan komputer untuk topologi bus dan ring, tetapi beberapa produk LAN di jaman yang modern ini kebanyakan sudah tidak lagi mendukung koneksi kabel Coaxial. Pasalnya kekurangan yang bisa ditemukan dari kabel jaringan komputer yang satu ini adalah jangkauan dan keandalannya yang sangat terbatas. Terlebih lagi sejak kehadiran kabel Twisted Pair yang dianggap lebih efisien dan fleksibel, alhasil kabel jaringan Coaxial cenderung ditinggalkan.

Jenis-jenis kabel coaxial :
A.Kabel Coaxial Thinnet ( Kabel RG-58 )
    Kabel Coaxial Thinnet  atau Kabel RG-58 biasa disebut dengan kabel BNC, singkatan dari British Naval Connector. Sebenarnya BNC adalah nama konektor yang dipakai, bukan nama kabelnya. Spesifikasi teknis dari kabel ini adalah  Mampu menjangkau bentangan maksimum 185 meter.
B.Kabel Coaxial Thicknet ( Kabel RG-8 )
Kabel Coaxial Thicknet atau Kabel RG-8 adalah kabel coaxial yang dipakai untuk instalasi antar gedung, Spesifikasi kabel ini sama dengan dengan Kabel Coaxial Thinnet, hanya bentuk fisiknya lebih besar. Karena lebih besar, kabel ini dapat menampung data yang lebih banyak sehingga cocok untuk instalasi sebagai backbone jaringan.
 Spesifikasi Teknis dari kabel ini adalah :
 ·       Mampu menjangkau bentangan maksimum 500 meter.
 ·       Impedansi terminator 50 Ohm.
 ·       Membutuhkan Transceiver sebelum dihubungkan dengan  komputer.
Yellow Cable RG-8.png

2. Fiber Optik

Fiber optic adalah media transmisi yang terbuat dari serat kaca dan plastik yang menggunakan bias cahaya dalam mentransmisikan data. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser karena mempunyai spectrum yang sangat sempit.  Media transmisi fiber optic sudah menggantikan eranya media copper(tembaga) dengan alasan bahwa fiber optic memiliki kelebihan
Gambar struktur dasar fiber optic
picture1
Kelebihan kabel Fiber Optic :
·        Kapasitas besar dalam mentransmisi informasi yang ada memiliki kecepatan yang tinggi, hingga mencapai beberapa gigabit/detik.
·        Sinyal degradasi lebih kecil,tidak terpengaruh pada gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio Karena terbuat dari kaca dan plastik murni.
·        Ukurannya kecil, ringan, Lebih tipis dan Fleksibel.
Kekurangan kabel Fiber Optic :
Dari sekian banyak kelebihan yang ditawarkan penggunaan kabel fiber optic juga memiliki kekurangan antara lain harga yang relatif mahal dalam hal penyambungan, karena memerlukan alat khusus dan memerlukan keahlian dan ketelitian dalam penyambungan kabel fiber optik.

3. Kabel UTP

Definisi kabel UTP adalah suatu jenis kabel yang dapat dipakai untuk membuat jaringan komputer, berupa kabel yang di bagian dalamnya berisikan 4 pasang kabel. Kabel Twisted Pair Cable ini terbagi kedalam 2 jenis diantaranya, Shielded dan Unshielded. Shielded adalah jenis dari kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.
pengertian kabel UTP
Jenis-jenis kabel  UTP :
CAT 1 – Kabel UTP Category 1 [Cat1]
CAT 2 – Kabel UTP Category 2 [Cat2]
CAT 3 – Kabel UTP Category 3 [Cat3] 
CAT 4 – Kabel UTP Category 4 [Cat4] 
CAT 5 – Kabel UTP Category 5 [Cat5]
CAT 6 – Kabel UTP Category 6 [Cat6]
CAT 7 – Kabel UTP Category 7 [Cat7] 

C. Pengertian Kabel Straight dan Cross
1. Pengertian Kabel Straight
cross.jpg
    Kabel straight ini merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Kabel straight ini berfungsi sebagai penghubung antara 2 device yang berbeda. 
2. Pengertian Kabel Cross 
07320120609120653.jpg
   Pada Kabel cross over, bisa kita berikan pengertian bahwa kabel ini merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung dua. dan fungsi dari Kabel cross ini digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama.
D. Perbedaan Kabel Straight dan Kabel Cross
1.  Kabel Straight
            Kabel Straight digunakan pada saat ingin menghubungkan antara computer dan hub ataupun sebaliknya.Dengan kata lain metode ini digunakan ketika kita akan menghubungkan 2 komputer ataupun lebih,tapi melalui perantara seperti hub ataupun switch.
2.Kabel Cross
          Kabel cross digunakan pada saat kita mau menyambungkan computer ke computer laen,atau kabel ini ini digunakan kalau kita mau menghubungkan 2 komputer atau hub ke hub, dengan kata lain kabel cross di gunakan untuk menyambungkan dua perangkat jaringan yang sama.perbedaan kabel cross dari kabel straight cuma terletak dari kabel nomer 1 dan 3 dan 2 dan 6.

Comments